Bersama Warga, Bhabinkamtibmas Desa Meninting Tingkatkan Kesadaran akan Bahaya Penyebaran Hoaks

Bhabinkamtibmas Desa Meninting Gencar Patroli Dialogis untuk Cegah Penyebaran Hoaks

Lombok Barat, NTB – Bhabinkamtibmas Desa Meninting Aipda Willy Triadi melakukan giat patroli dialogis di Desa Meninting dengan sasaran warga, Sabtu (8/3/2023).

Willy mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan himbauan Kamtibmas dan bersama-sama menjaga kondusifitas.

“Sehubungan dengan adanya Pilkades Meninting saat ini, Salah satu cara menjaga keamanan dan ketertiban adalah dengan tidak mudah percaya pada berita atau informasi hoaks.

Informasi yang belum jelas kebenarannya, sehingga Bhabinkamtibmas menyampaikan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

“Di era digital seperti sekarang, hoaks atau berita bohong dengan mudah menyebar dan meresahkan masyarakat,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk lebih kritis dalam menerima dan menyebarkan informasi.

Selain memberikan himbauan, Babinkamtibmas juga melakukan dialog dengan warga untuk memahami kebutuhan dan masalah yang ada di desa.

Melakukan hal ini adalah untuk membangun kebersamaan serta keterlibatan aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

“Dengan adanya giat patroli dialogis ini harapannya dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Desa Meninting dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas Desa Meninting akan terus berupaya melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan bersinergi dengan warga dalam menjaga Kamtibmas di desa.

Selain melakukan patroli dialogis, penting bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap berita atau informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.

Terutama di era digital seperti saat ini, di mana informasi dapat dengan mudah tersebar melalui media sosial dan platform online lainnya.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran hoaks. Antara lain dengan memeriksa sumber informasi, mengecek kebenaran informasi tersebut di situs-situs berita terpercaya. Serta tidak dengan mudah mempercayai informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya,” bebernya.

Selain itu, mengajak agar masyarakat juga dapat membantu pihak keamanan dengan melaporkan informasi yang mencurigakan.

“Dengan cara ini, kita dapat membantu mencegah penyebaran hoaks dan menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan sekitar,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *